Jumat, 14 Agustus 2009

Profil SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong Bogor


SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong merupakan sekolah yang berada langsung di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Meski berusia relatif muda, sekolah ini mengalami perkembangan pesat. Sejumlah prestasi berhasil diraih, antara lain: juara olimpiade matematika dan sains tingkat Kecamatan Cibinong, juara melukis/mewarnai tingkat Cibinong, guru teladan tingkat Cibinong, dan juara futsal tingkat Al-Azhar.


Dari hasil observasi di SD Al Azhar 27 itu, terlihat memang sangat ideal, dari kurikulum yang ada hingga sarana dan prasarana kelas memang sangat memadai, cocoklah dengan harga yang ditawarkan. Dari brosur yang ada, dapat dihitung untuk tahun ajaran 2009-2010 pihak Yayasan memasang harga kurang lebih Rp. 13jt sudah termasuk uang pangkal, Uang SPP Juli, Buku dan Seragam, dan uang pendaftarannya Rp. 150rb.

woowww...ternyata sangat mahal ya…, untuk bisa bersekolah disini....


SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong dipilih sebagai lembaga pendidikan yang dipercaya menerapkan sistem manajemen mutu, ISO (International Standard Organization) 9001:2000. Standar ISO 9001:2000 ini sudah diterapkan sejak tahun tahun pelajaran 2007/2008. SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong merupakan sekolah Pilot Project/sekolah percontohan di lingkungan TK-SD Islam Al-Azhar dan merupakan sekolah yang ditunjuk oleh Ka. Dinas Kab. Bogor untuk menjadi sekolah SBI (sekolah Berbasis Internasional) di Wilayah Kabupaten Bogor


Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan di SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong Bogor

Dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan, SDI Al-Azhar 27 Cibinong menggunkan delapan Standar Nasional Pendidikan, yang meliputi (1) Standar Isi, (2) Standar Proses, (3) Standar Kompetensi Lulusan, (4) Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan, (5) Standar Sarana dan Prasarana, (6) Standar Pengelolaan, (7) Standar Pembiayaan dan (8) Standar Penilaian Pendidikan.

Namun ada beberapa aspek kebijakan yang mendapat perhatian khusus dalam pengelolaanya, yaitu : (1) Manajemen Kurikulm, (2) Manajemen Kesiswaan dan (3) Manajemen Sarana & Prasarana


Katiga Aspek Kebijakan ini yang mendapat Predikat ISO 9001:2000

1. Manajemen Kurikulum SD Islam 27 Al-Azhar

Pembelajaran di SDI Al-Azhar 27 Cibinong selain menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP), juga menggunakan Kurikulum Penunjang Pribadi Muslim (KP2M). Inilah yang membedakan SDI Al-Azhar 27 dengan SD yang lain. Model pembelajaran yang sering dilakukan di sekolah ini adalah model pembelajaran kontekstual yang mengembangkan Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang disering disingkat dengan PAKEM. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dilakukan dengan cara pengembangan bakat siswa, kegiatan ekstra kurikuler dan Pembinaan secara intensif oleh guru. Banyak prestasi yang telah diraih oleh siswa SDI Al-Azhar, diantaranya juara olimpiade IPA dan Matematika.Kurikulum dikembangkan dengan menggunakan acuan TQM (Total Quality Management). Karena ini lah, SD mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 dalam bidang kurikulum.

2. Manajemen Kesiswaan

Dalam penerimaan siswa baru, SDI Al-Azhar menggunakan seleksi dengan instrument yang sudah disusun oleh pihak sekolah. Batas usia minimal anak yang dapat diterima di sekolah ini adalah 5 tahun lebih 10 bulan. Itu pun dennga catatan ada surat rekomenadi dari psikolog, yang menyatakan bahwa anak sudah dianggap mampu untuk mengikuti pendidikan di jengjang sekolah dasar. Sekolah ini menerapkan disiplin yang cukup ketat. Dengan selalu mengadakan program pembinaan yang telah disesuaikan dengan visi dan misi sekolah. Dalam setiap kegiatan, baik kegiatan ekstra maupun intra, selalu berusaha melibatkan siswa. Sehingga siswa memiliki peran yang sangat dominan dalam setiap kegiatan. Bidang Kesiswaan di SDI Al-Azhar adalah termasuk salah satu bidang kebijakan yang sudah menerapkan standar ISO 9001:2000. Hal ini karena kegiatan di bidang ini dinilai sudah cukup bagus. Bahkan untuk meengetahui tingkat keberhasilan suatu kegaiatan, sekolah ini sudah memiliki semacam instrument indikatornya.

3. Manajemen Sarana dan Prasarana.

SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong berdiri diatas lahan seluas 5.327 M 2 dan luas bangunan seluruhnya 2.477M 2 . Dilengkapi dengan sarana prasarana yang lengkap ber AC. Sekolah ini memiliki 24 ruang. Yang terdiri dari ruang belajar, ruang labortaorium IPA, ruang laboraatorium Matematika, ruang multimedia dan ruang internet. Selain ruang tersebut diatas, sekolah juga memiliki lapang basket dan lapang bola sebagai sarana olah raga. Kelengkapan sarana belajar, seperti alat peraga atau media pembelajaran perpustkaan dan beberapa ruangan lainnya yang kesemuanya berAC, menjadikan SDI Al-Azhar mempunyai nilai lebih dibanding SD yang lain, sehingga dalam bidang sarana dan prasarana pun sekolah ini mendapat predikat ISO 9001:2000. Selain ketiga kebijakan diatas, SDI Al-Azhar pun mengembangkan kebijakan manajemen personalia (tenaga pendidik dan kependidikan), manajemen keuangan dan manajemen sumber daya insani. Namun yang sudah mendapat predikat ISO 9001:2000 adalah dalam bidang Menajemen Kurikulum, Menajemen Kesiswaan dan Manajemen Sarana dan Prasarana.


* Oleh Ansori

Nim. 82320809799

Kelas H (Purwakarta)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar